YPIA

Share Postingan Blog via Twitter(@Blog4Share)

Wah lama juga ya gak posting Blog, gara-gara sibuk di dunia nyata dan di dunia maya mengutak-atik kode HTML template yang kacau demi bisa pasang widget secara pas.

Sesuai dengan judul postingan kali ini "Share Postingan Blog via Twitter(@Blog4Share)" saya akan sedikit berbagi informasi tentang penggunaan Social Media/Jejaring Sosial(Socmed)  sebagai alat ampuh untuk meningkatkan jumlah visitor di Blog kita atau meningkatkan Traffic istilah bekennya.hehe^^ Kita tahu saat ini social media/network begitu menjamur di dunia maya, sebut saja Facebook, Twitter, Plurk, Formspringsebagai contohnya. Atau mungkin Anda suka dengan yang bikinan dalam negeri seperti Yahoo! Koprol dan Saling Sapa?

Mengapa mereka(Socmed) bisa ampuh untuk meningkatkan traffic blog kita?
Jawabannya sangat sederhana, dewasa ini sebagian besar pengguna layanan internet hampir bisa dipastikan setiap hari bahkan setiap saat mengakses Socmed tersebut. Pagi-pagi bangun tidur yang dicari pertama adalah handphone lalu buka Facebook atau Twitter. Kalau saya sih hampir hp adalah barang kedua yang saya cari, yang pertama tentu saja adalah Kacamata. haha.. Banyaknya pengguna layanan internet yang mengakses jejaring sosial ini tentu saja membuat pagerank menjadi sangat tinggi. Bukankah salah satu tips meningkatkan traffic blog(meningkatkan SEO) dengan meninggalkan backlink di web/blog berpagerank tinggi?

Balik lagi sesuai judul postingan kali ini Share Postingan Blog via Twitter(@Blog4Share), ya saya hanya akan membahas tentang penggunaan akun Twitter saja. Mengapa Twitter saya pilih? Jawabannya karena Twitter lebih real time dan fleksibel penggunaannya. Banyak sekali client yang mendukung, untuk PC semisal Tweetdeck, Echofone, Hootsuit dll. Untuk ponsel ada Tuitwit, tweete.net, dabr.co.uk, twa.im dll. yang intinya sama saja yaitu Berkicau.

Kemudian apa itu @Blog4Share?
@Blog4Share adalah salah satu akun Twitter yang saya kelola, aku ini saya buat pada tanggal  4 Maret 2011 kemarin. Awalnya saya membuat akun ini terinspirasi dari akun @kabarklaten yang bisa diupdate oleh tweeps yang telah difollownya melalui DM(Direct Message) dengan memanfaatkan salah satu Twitter Client Group Tweet. Saya yang memang adalah seorang Blogger Newbie tentu saja selalu ingin menambah pengetahuan tentang dunia Blogging dari kawan-kawan Blogger yang senior. Lalu saya berpikir bagaimana kalau saya membuat sebuah akun Twitter yang berfungsi untuk sharing postingan-postingan Blog kawan-kawan Blogger saja. Selain saya bisa belajar dari postingan blog yang dishare, saya juga akan membantu kawan-kawan Blogger untuk menarik visitor ke Blog mereka. Sama-sama menguntungkanlah jadinya.

Awalnya saya sempat gak yakin langkah yang saya ambil untuk menciptakan metode Share Postingan Blog via Twitter(@Blog4Share) ini akan berhasil, karena saya kan tidak tahu mana saja Tweeps yang Blogger atau bukan. Lalu saya mencari kontak teman saya yang merupakan Blogger sejati. Saya buka aja Friends/Followingsnya, alhasil sebagian besar adalah Blogger-blogger senior. Gak usah pikir panjang langsung saya follow satu per satu ditambah sedikit mention perkenalan tentang penggunaan akun @Blog4Share. Ada yang menanggapi secara positif ada juga yang justru mencemarkan nama baik dengan mengoceh dengan kata-kata kotor hanya karena saya minta untuk dipromote. Yah saya ikhlaskan saja deh apa pendapat orang lain, toh saya niatnya cuma mau membantu.

Sampai saat ini akun @Blog4Share masih aktif untuk Share Postingan Blog. Jadi buat kawan-kawan Blogger yang mau menggunakan layanan ini secara gratis silakan follow @Blog4Share dan @sajakrerindu. Kalau ada kritik atau masukan atau minta di Follow Balik mention saja ke @sajakrerindu karena tentu saja akun ini yang saya pakai sehari-hari karena untuk yang @Blog4Share sudah update otomatis sesuai dengan DM dari Tweeps yang sudah difollow

Untuk format share postingan blog via DM adalah: Judul Postingan | Link/url(gunakan short url). Nantinya otomatis DM Anda menjadi update dari akun @Blog4Share dengan format #Blog4Share via @usernameAnda: Judul Postingan [link/url]. Buruan follow @Blog4Share dan nikamati layanan ini. Mumpung gratis lho, mungkin saja besok saya kenakan tarif. Just kidding..hehe


Klaten, 23 Juni 2011