YPIA

Membuat Sitemap/Daftar Isi Blog Blogspot

Advertisement
Sobat Blogger pasti sering mendengar istilah Sitemap kan? Trus apa arti istilah ini?
Sitemap(Peta Situs) merupakan sebuah gambaran atau navigasi tentang semua isi postingan blog kita. Kalau saya lebih cenderung menganggap sitemap sebagai daftar isi blog. Karena saya memang menggunakan salah satu plugin blog ini sebagai daftar isi postingan blog ini. Lihat contohnya disini.

Pada blog wordpress membuat sitemap sangat mudah karena sudah tersedia plugin-nya, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat sitemap/daftar isi pada blog blogspot. Seperti yang Sobat ketahui bahwa blog Celoteh Sajakrerindu ini menggunakan platform blog blogspot.

Sebenarnya membuat sitemap/daftar isi blog blogspot pada awalnya(dulu) cukup rumit karena kita harus membuatnya secara manual dengan menggunakan Google Webmaster. Dan pada akhirnya saat ini membuat Sitemap menjadi sangat mudah karena tinggal pasang script saja. Yup, meskipun tidak sepraktis pada blog wordpress.
 Membuat Sitemap/Daftar Isi Blog Blogspot

Hmm, sebelumnya saya akan memberikan sedikit ulasan kegunaan Sitemap pada Blog. Berikut manfaat atau arti pentingnya sitemap/peta situs/daftar isi:

  • Mempermudah pengunjung dalam mengetahui daftar isi blog
  • Mempercepat peng-indeks-an search engine terutama google
  • Mempecantik tampilan blog, dll
Nah berikut ini langkah-langkah mudah membuat sitemap/daftar ini blog blogspot:
Copy Script berikut:

<script src="http://sajakrerindu.xtgem.com/js/sitemaptanggal.js">
</script><script src="//sajakrerindu.blogspot.com/atom.xml?max-results=500&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>

Selanjutnya paste di pada halaman postingan baru atau halaman statis, sebaiknya pada halaman statis karena pada halaman statis permalink yang ditampilkan tidak terdapat tahun dan tanggal karena berdiri sendiri dan tidak tampil pada halaman posting blog. Sebagai contoh:
Kalau di halaman postingan permalink mjd: //www.sajakrerindu.com/2012/02/sitemap.html
Sedangkan kalau di halaman statis: //www.sajakrerindu.com/p/sitemap.html

Bukankah lebih baik jika menggunakan halaman statis? Selain lebih pendek permalinknya juga tidak terlihat sebagai postingan lama/baru.

Oiya, paste  Script Sitemap Blogspot di atas pada pilihan HTML lho, bukan di Compose. Selanjutnya edit tulisan yang berwarna merah saja, ganti dengan url blogspot sobat. Sedangkan tulisan yang berwarna biru itu adalah tempat saya mengupload script tersebut, jadi jangan diubah. Selanjutnya klik preview untuk melihat apakah berhasil pembuatan Sitemap/Daftar Isi sobat. Kalau sudah berhasil lanjutkan dengan menambahkan beberapa kalimat/gambar pada halaman tersebut sehingga tampak lebih rapi.

Lihat gambar berikut:
Sitemap Celoteh Sajakrerindu
Script di atas merupakan script sitemap sebagai daftar isi blog blogspot berdasarkan tanggal postingan. Sebenarnya bisa juga dibuat sesuai label, tapi hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena dalam sebuah postingan biasanya terdapat beberapa label(jarang sekali yang memberikan satu label pada satu postingan) sehingga akan terdapat beberapa judul dan link postingan pada satu sitemap/daftar isi. Hal ini justru akan berakibat tampilan menjadi tidak rapi dan membingungkan. Dan saya tidak tahu apa akibatnya jika terdapat beberapa(puluhan mungkin ratusan link dan judul) yang sama dalam satu halaman menurut search engine.

Sangat mudah kan  Membuat Sitemap/Daftar Isi Blog Blogspot? Selamat mencoba, semoga berhasil! ^^