YPIA

Tips Menghadapi Serangan Tomcat

Advertisement

Tips Menghadapi Serangan Tomcat

Tomcat
Serangga Tomcat
Tomcat, hmm..sobat blogger pasti sudah tahu dan tidak asing lagi dengan serangga yang satu ini. Yup, paling tidak lihat gambarnya di media massa baik televisi, majalah/surat kabar maupun internet.
Akhir-akhir ini memang Tomcat sedang menjadi buah bibir seperti Bintang Iklan Cilik Afiqa. Hehe :) Tentu saja dalam konteks yang berbeda, kalo Afiqa kan menghibur seperti Game Plants vs Zombies yang lucu. Sedangkan Tomcat ini justru mengganggu/merugikan(sebenarnya sih manusia yang mengganggu habitat dari Tomcat)

Untuk menghadapi serangga Tomcat, sebenarnya kita tidak perlu panik.  Disini saya akan menyampaian 10 tips untuk menghadapi serangga Tomcat ini:
  1. Jika Sobat menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit(soalnya racun Tomcat adalah pada cairan tubuhnya). Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.
  2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.
  3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
  4. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.
  5. Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.
  6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.
  7. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup atau mengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
  8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.
  9. Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.
  10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus(Tomcat).
Semoga bermanfaat dan Tomcat ini tidak lagi mewabah seperti fenomena ulat bulu beberapa waktu lalu.