YPIA

Tampilan Baru Celoteh Sajakrerindu

Guys, lama juga saya gak update blog ini. Hampir dua minggu setelah posting terakhir, tanggal 5 Juli 2011 lalu. Biasa masalah klasik, yaitu kesibukan dunia nyata ditambah aktivitas dunia maya yaitu edit blog baru dengan domain TLD(Top Level Domain) dan Hostingan berbayar. Mengapa pakai domain dan hostingan berbayar? Jawabannya tentu saja agan-agan sudah tahu, itu lho masalah dengan simbah Google yang mulai galak dan bawel dengan domain gratisan. Sebut saja Co.Cc dan Co.Tv, mungkin saja Co.Nr, dot.TK dan sebangsanya bakalan dilahap sama peliharaan simbah(si Panda). Kita tunggu saja kapan si Panda beraksi. hehe

Saya bahkan sampai gak sempat bikin postingan tentang perubahan tampilan Google, maupun jejaring sosial baru keluaran simbah Google dengan sebutan Google+ yang disebut-sebut bakalan menggusur posisi Facebook yang kini menduduki peringkat pertama dalam bidang Sosial Media di dunia maya.

Bagi sobat-blogger yang sudah pernah atau bahkan sering berkunjung ke blog Celoteh Sajakrerindu saya ini tentu saja sudah merasakan/tahu bahwa blog saya ini telah mengalami banyak sekali perubahan terutama dalam hal Tampilan maupun Widget yang tersemat di dalamnya. Bukan berarti saya mengikuti langkah simbah Google lho. hehe :). Hal ini sebenarnya saya lakukan karena kesalahan/error dalam pengeditan template melalui kode HTML yang dipengaruhi oleh koneksi internet yang ngesot. haha :D Juga ada beberapa hal yang sangat mengganggu , yaitu resolusi komputer yang berbeda-beda. Saya kan biasa mengedit blog di rumah dengan laptop sendiri dengan resolusi layar 1366x768 dan tampilan blog saya sebelumnya sudah saya atur agar pas dibuka dengan resolusi segitu dengan memperlebar sidebar agar Widget-widget yang terpasang bisa tampil penuh dan tanpa melakukan scroll ke samping(kiri-kanan). Tapi suatu waktu saya pergi ke warnet karena kuota paket internet saya telah habis, di sana saya membuka blog Celoteh Sajakrerindu ini, wow betapa kagetnya diriku.. Ternyata tampilan blog saya jadi sangat berantakan jika dilihat dari komputer dengan resolusi layar yang lebih kecil/rendah. Saya harus melakukan Scroll kiri-kanan hanya untuk melihat widget-widget yang saya pasang di sidebar. Alhasil, sayapun langsung buka search engine google dan mengetikkan keyword "Free Download Blogger Template" dan saya memilih beberapa template untuk saya coba pasang di blog ini sebagai pengganti template yang berantakan sebelumnya. Dan karena saya terlalu gugup mungkin, jadi lupa untuk backup template sebelumnya. Apa yang terjadi? Banyak sekali script dan widget yang hilang. Apes tenan, hadew :((

Dalam keterdesakan itu, saya dipaksa harus mengupload template dalam file .xml yang sudah saya download sebelumnya. Setelah saya upload ya tetap saja masih berantakan karena banyak script dan widget yang hilang. Sudahlah, saya mulai pasrah waktu itu. Yang penting posting blog gak hilang dan masih bisa terbaca dengan baik. hehe ^^

Selang beberapa hari, simbah Google merubah tampilan dasbor blogger(saya memakai Blogger in Draft dalam hal ini). Makin hancur deh tampilan blog saya dengan sistem baru Google(ajax, flash atau apa saya belum paham dan belum mempelajarinya, hehe) karena lagi-lagi saya masih harus mempelajarinya dari awal. Tapi Alhamdulillah sekarang sedikit demi sedikit saya sudah paham dengan sistem baru ini.

Mulai hari Minggu, 17 Juli kemarin saya mengedit blog saya lagi terutama dalam hal tampilan. Agar enak dipandang, dibaca dan dikomentari. Hehe :). Dan saya telah memantapkan untuk menggunakan tampilan baru ini untuk blog Celoteh Sajakrerindu selanjutnya. Mohon komentarnya sobat Blogger sekalian, gimana Tampilan Baru Celoteh Sajakrerindu ini?
Terima kasih

Klaten, 18 Juli 2011

Sajakrerindu